Sesungguhnya Bersama Kesulitan Ada Kemudahan

 

“maka sebetulnya berbarengan kesusahan terdapat kemudahan. sebetulnya berbarengan kesusahan terdapat kemudahan”

teman dunia islam, salam sejahtera untuk kita seluruh, dalam hidup tentu tidak luput dari yang namanya permasalahan, terlebih lagi terdapat yang bilang jangan hidup bahwa tidak memiliki permasalahan.

berdialog tentang permasalahan benar amat komplek, bergantung dari manusia yang menempuh, terdapat yang memiliki permasalahan dalam bidang finansial, permasalahan keluarga, sahabat dan juga sebagainya. terlebih lagi hingga rumitnya permasalahan kita jadi putus asa dalam menempuh kehidupan.

kerap kali diantara kita teman dunia islam, kurang ingat kalau tes itu datangnya dari allah dan juga cuma allahlah yang bakal membagikan jalur keluarnya, terlebih lagi allah sudah meyakinkannya melalui angkatan laut (AL) qur’an di 2 ayat 5 dan juga 6 tulisan angkatan laut (AL) insyirah (94): “maka sebetulnya berbarengan kesusahan terdapat kemudahan (5). sebetulnya berbarengan kesusahan terdapat kemudahan (6). ”

allah hingga mengulang 2 kali ayat tersebut. perihal ini menggambarkan suatu penegasan bakal janjinya dan juga hingga janganlah takut janji allah senantiasa nyata.

tetapi dalam mengalami tiap kesusahan yang dikasih kita tidak lalu cuma menanti dan juga menanti sampai datangnya kemudahan yang dijanjikan itu. terdapat sebagian perihal yang jangan hingga terlupakan dalam penantian tersebut, ialah bagaikan berikut:

kesatu, luruskan hasrat dan juga ber doa

saat sebelum kita mengawali kegiatan pekerjaan kita wajib meluruskan hasrat, buat siapa dan juga buat terdapat tujuan kita melaksanakan pekerjaan. tiap pekerjaan tentu bakal di hadang dengan kesusahan namun atas dasar hasrat yang baik dan juga senantiasa memualai pekerjaan dengan berdoa hingga kesusahan atan merasa gampang dijalanai. kesusahan yang dirasakan merupakan atas dasar kehendak allah, buat itu cuma kepada allahlah dipulangkan seluruh urusan dan juga cuma kepada allahlah kita dapat meminta dimudahkan dengan trik berdoa.

dan juga tuhanmu berfirman, “berdoalah kepada-ku, tentu bakal saya biarkan bagimu. sebetulnya orang-orang yang sombong tidak ingin menyembah-ku bakal masuk neraka jahanam dalam kondisi hina dina. ” (qs: gafir 40: 60)

kedua, shalat

shalat merupakan wujud ibadah dimana tiap gerakan dan juga bacaannya merupakan doa. shalat pula bagaikan wujud kerasa sukur kita kepada allah swt, terdapat wujud komunikasi yang terbentuk antara hamba dengan tuhannya, dalam sholat kita dapat curhat, menggambarkan tiap keluh kesah yang terdapat. tetapi jangan cuma dikala kesusahan aja mengerjakan sholat, dalam kondisi whatever sholat harus dikerjakan, terlebih lagi bahwa dapat ditambah dengan sholat-sholat sunnah, karna sebetulnya sholat merupakan tiang agama, bila tiangnya kuat hingga bangunan ibadah yang lain mudah-mudahan turut baik.

“dan mohonlah pertolongan (kepada allah) dengan tabah dan juga sholat. dan juga sholat itu begitu berat, kecuali untuk orang-orang yang khusyuk. ” (qs: angkatan laut (AL) baqarah 2: 45)

ketiga, tabah

tabah tidak terdapat batasnya, tabah tidak kenali batasan waktu dan juga bersabarlah sampai allah menetapkan ketetapan terbaiknya, sampai allah memperlihatkan jalur keluar tiap tes, kemudahan dari kesusahan.

“dan bersabarlah (muhammad) menunggu ketetapan tuhanmu, karna sebetulnya engkau berposisi dalam pengawasan kami, dan juga bertasbihlah dengan menyanjung tuhanmu kala engkau bangun, (48) dan juga pada sebagian malam bertasbihlah kepada-nya dan juga (pula) pada terbenamnya bintang-bintang (pada waktu fajar). ” (49) (qs at touring 52: 48-49)

keempat, ikhtiar

ikhtiar di mari merupakan mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan begitu begitu dan juga semaksimal bisa jadi. dalam mengalami kesusahan bukan berarti cuma menanti turunnya hujan dari langit, cuma berharap seketika terselesaikan. butuh terdapatnya ikhtiar semaksimal bisa jadi buat mengalami tiap permasalahan, buat menyelesaikannya

“…sesungguhnya allah tidak bakal mengganti kondisi sesuatu kalangan saat sebelum mereka mengganti kondisi diri mereka sendiri…” (qs: ar ra’d 13: 11)

kelima, tawakal

tawakal merupakan berserah diri kepada allah. sehabis melaksanakan usaha sebaik dan juga semaksimal bisa jadi, karna cuma allahlah yang bakal membagikan hasil tersadu dari tiap ikhtiar yang dibarengi dengan doa, tabah dan juga sholat.

“ bila allah membantu kalian, hingga tidsak terdapat yang mampu mengalahkanmu, namun bila allah membiarkan kalian (tidak berikan pertolongan), hingga siapa yang mampu membantu kamu tidak hanya itu? karna itu, hendaklah kepada allah aja orang-orang mukmin bertawakal. ” (qs: angkatan laut (AL) imran 3: 160).

Baca Juga :

Travel Umroh
Umroh Idul Fitri 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *