Setya Novanto : Indonesia Prihatin Kondisi Negara-Negara Teluk

Dinamika politik internasional belakangan ini alami banyak perubahan. Terlebih ada pemutusan hubungan diplomatik sebagian negara Teluk seperti Arab Saudi, Bahrain, Mesir, serta Uni Emirat Arab (UEA) pada Qatar. Selang beberapa saat, Yaman, Libya, Maladewa, serta Mauritius juga ambil sikap yang sama. Menurut Ketua DPR RI, Setya Novanto keadaan begini buat kondisi di Timur Tengah jadi begitu serius.

Jadi negara dengan masyarakat Muslim paling besar didunia, dan sisi dari Organisasi Konferensi Islam (OKI), Indonesia prihatin dengan keadaan begini. DPR RI selalu memonitor perubahan yang berlangsung di Qatar serta lokasi Teluk jadi sisi dari pekerjaan serta peranan DPR RI dalam mensupport kebijakan politik luar negeri Pemerintah Indonesia lewat jalur Diplomasi Parlemen.

” Saya menginginkan semuanya pihak bisa menahan diri serta memprioritaskan dialog dan rekonsiliasi dalam merampungkan kemelut yang berlangsung. Jadi negara dengan sebagian besar masyarakat Muslim, ukhuwah Islamiyah selalu mesti diprioritaskan, terutama dalam situasi Ramadhan begini. Perdamaian dunia mesti tetaplah kita jagalah, ” kata Setya Novanto┬ádalam keterangannya, Jumat (9/6).

Ia berkata, sesuai sama prinsip politik luar negeri yang bebas serta aktif, Indonesia tetaplah menghormati kebijakan luar negeri serta tidak mencampuri masalah internal semasing negara. Jadi sisi dari Organisasi Konferensi Islam (OKI), kata Setya, Indonesia siap menolong merampungkan kemelut yang berlangsung di lokasi Teluk serta Timur Tengah.

” Karenanya, saya mendorong pemerintah Indonesia ikut bertindak aktif buka dialog dengan beragam negara OKI, dalam rencana turut dan melindungi perdamaian dunia.

Menurutnya, jadi sisi dari komune Internasional, prinsip Indonesia pada pemberantasan terorisme juga tidak butuh diragukan sekali lagi. Terorisme yaitu musuh umat manusia. Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, Indonesia sudah mengajak semuanya pihak untuk menjadikan satu langkah dalam memerangi terorisme serta bekontribusi dalam melindungi keamanan dan kestabilan lokasi serta global.

” Paling akhir, saya menghimbau saudara-saudaraku warga Indonesia di Qatar untuk tetaplah tenang serta selalu bekerjasama dengan KBRI di Doha. Hubungan baik Indonesia dengan Qatar sampai kini terbangun dengan baik, beragam keadaan yang berlangsung di Qatar belakangan ini, saya berharap tidaklah sampai mengganggu kegiatan warga Indonesia disana, ” ucap dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *