Cara Merawat Mesin AC Sendiri, Tanpa Harus Menggunakan Jasa Service AC

Cara Merawat Mesin AC Sendiri, Tanpa Harus Menggunakan Jasa Service AC

Mesin pendingin ruangan atau AC saat ini tentu banyak sekali macamnya, mulai dari desain hingga harganya. Sebagai orang yang mandiri, andapun harus bisa cermat untuk memilih AC dengan desain dan juga mudah dalam hal perawatannya.

Cara Merawat Mesin AC Sendiri, Tanpa Harus Menggunakan Jasa Service AC

Ketika AC mengalami kendala seperti tidak dingin dan menggunakan jasa service AC sedang tidak memungkinkan, anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memperbaikinya sendiri. Untuk itu, berikut beberapa acara merawat AC sebelum anda menggunakan jasa service AC.

  • Bersihkan saringan udara

Saringan udara mempunyai fungsi untuk menyaring debu supaya tidak menempel dan menyumbat di bagian evaporator. Apabila debu yang menempel pada saringan udara tidak dibersihkan, maka lama-kelamaan debu akan menyumbat sehingga udara yang melewati saringan menjadi berkurang. Akibatnya, AC menjadi tidak dingin.

Ketika keadaan ini terjadi, sebagian pengguna merasa tidak tahu dan justru akan menyetting suhu pengaturan. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk membersihkan saringan udara secara rutin. Paling tidak bersihkan setiap 1- 2 minggu sekali.

  • Membersihkan evaporator

Untuk membersihkan bagian ini, anda bisa memanfaatkan penyedot debu portable. Ketika membersihkannya, usahakan jangan sampai menekan sirip evaporator. Cukup arahkan vacuum cleaner ke a rah evaporator, lalu secara bolak-balik untuk menyedot debu-debu yang masih pada celah evaporator.

  • Membersihkan kipas

Kipas juga harus sering di bersihkan dari debu-debu yang menempel. Hal tersebut akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik sehingga kerja AC pun bisa menjadi lebih ringan dan tetap dingin. Tak hanya itu, dengan membersihkan kipas juga akan menjadikan kinerja menjadi maksimal sehingga AC menjadi awet.

  • Jangan mengatur suhu thermostat terlalu rendah

Thermostat mempunyai fungsi untuk mencegah dan melindungi ruangan supaya bersuhu tidak terlalu dingin. Tak hanya itu, thermostat juga berfungsi untuk melindungi AC agar tidak bekerja secara berlebih, terutama pada bagian compressor.

Jadi, ketika remote di setting pada bagian 180 derajat, maka sebenarnya AC diperintahkan untuk bekerja secara terus menerus dan tidak boleh berhenti. Untuk itu, sebaiknya jangan mengatur suhu thermostat terlalu rendah karena akan membuat kinerja AC menjadi lebih berat dan memakan biaya listrik yang banyak.

Dengan adanya uraian diatas diharapkan anda bisa membersihkan AC sendiri tanpa adanya jasa service AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *