Bersila serta Mendengar Khutbah Jumat Singkat Spesial

Bersila serta Mendengar Khutbah Jumat Singkat Spesial

Bersila serta Mendengar Khutbah Jumat Singkat Spesial

Assalamualaikum wr. wb. Hai kawan kawan semuanya telah lama nih admin ganteng cuti dari situs blog Khutbah Jumat Singkat karna ada masalah pribadi serta di ganti kan oleh admin cantik dalam sebagian tulisan artikel yang sebelumnya nya. Nah kesempatan ini admin ganteng juga akan bawa kan materi Khutbah Jumat Singkat sekitar satu diantara masjid.

Masjid Saka Tunggal Baitussalam sekarang ini masih tetap dengan bentuk aslinya walau berkali kali diperbaiki. pagar beton di sekitarnya berniat dibuat untuk melindungi bangunan ini. Bagian-bagian dari Masjid Saka Tunggal Baitussalam ini sudah alami perombakan serta sentuhan kekinian, akan tetapi beberapa besar bentuk bangunannya masih tetap asli

Dimuka halaman Masjid, telah disiapkan tempat berwudhu serta kamar mandi. Dari jalan raya menuju pintu gerbang Masjid ini cukup jauh letaknya ada di antara tempat tinggal rumah masyarakat. Menurut Khutbah Jumat Singkat lokasi ini memanglah telah jadi cagar budaya, dibelakang Masjid ini ada komplek pemakaman tua dengan gerbangnya yang masih tetap bertuliskan aksara Jawa. Makam yang dengan teratur di ziarahi oleh warga muslim setempat.

Orang-orang muslim di sini memanglah adalah pengikut tarekat Aboge yang mempunyai perhitungan sendiri mengenai penetapan 1 Syawal. Di Desa Cikakak, sekurang-kurangnya ada 500 orang pengikut Aboge terbagi dalam orang dewasa serta generasi muda serta sudah pasti semuanya peribadatan komunal mereka diadakan di Masjid Masjid Saka Tunggal ini. di dua sholat hari raya Masjid ini tidak dapat menyimpan semua jemaah sekalian, hingga jamaah mesti tumpah ruah ke halaman di sekitar Masjid.

Nama resmi Masjid ini yaitu Masjid Saka Tunggal Baitussalam, namun Khutbah Jumat Singkat lebih popular dengan nama Masjid saka tunggal karna memanglah Masjid ini cuma memiliki saka tunggal (tiang penyangga tunggal). Saka tunggal yang ada di dalam bangunan paling utama Masjid, saka dengan empat sayap ditengahnya yang juga akan terlihat seperti satu totem, sisi bawah dari saka itu dilindungi dengan kaca manfaat membuat perlindungan sisi yang ada tulisan th. pendirian Masjid itu.

Masjid Masjid Saka Tunggal Baitussalam ada di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon Banyumas. , Banyumas, Jawa Tengah, Ditengah situasi pedesaan Jawa yang demikian kental. Di lokasi Masjid yang dipenuhi dengan kera-kera yang berkeliaran bebas. Di Masjid ini ada banyak ruangan. Halaman Masjid cukup luas untuk menyimpan sebagian kendaraan.

Masjid saka tunggal memiliki ukuran 12 x 18 mtr. ini jadi hanya satu Masjid di pulau Jawa yang dibuat jauh sebelumnya masa Wali Sembilan (Wali Songo) yang hidup sekitaran era 15-16M. Sedang Masjid ini dibangun th. 1288M, 2 era sebelumnya Wali Songo., serta sebelumnya Kerajaan Majapahit berdiri yang diawali dengan penobatan Raden Wijaya sebagau Raja pertama Majapahit pada 10 November 1293. Sekalian jadikan Masjid Saka Tunggal Baitussalam jadi Masjid Tertua di Indonesia. Tempat Masjid Saka Tunggal Baitussalam Desa Cikakak, Kecamatan Wangon Banyumas. Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *